Camping di Herman Lantang Camp (HCL)

4 Juli 2017

Akhir pekan menjelang Hari Raya Lebaran tahun ini, saya dan teman-teman dari Mapala UI dan Mapala IPB menemani Opa Herman dan Oma Joyce sambil camping bersama di  Herman Lantang Camp (HLC). Secara sukarela kami menjadi staf di camping ground milik mereka. 

Camping ground yang terletak di dekat Curug Nangka, Bogor ini tidak hanya menawarkan wisata glamping (glamorous camping), istilah untuk camping mewah yangmana peserta camping tidak perlu repot memasak, membangun tenda, mencuci peralatan masak, dsb.



Dengan kehadiran pasangan manis ini yakni Oma Joyce dan Opa Herman yang juga tinggal di camping ground tersebut, kami bisa belajar banyak hal. Opa Herman yang dikenal sebagai the living legend of pencinta alam di Indonesia dan sobat dari seorang aktifis tahun 1968 bernama Soe Hok Gie, senang bercerita tentang kisah-kisah nostalgia semasa mudanya serta berbagi pengetahuan. Di antaranya,cara membuat api unggun yang tetap menyala meskipun hujan turun, cara memilih buah yang matang, nasihat perihal asmara, membuat minuman super nikmat nan berkhasiat yang resepnya beliau ciptakan sendiri,  memberi clue tempat-tempat yang masih jarang terjamah manusia, memberi pelajaran tentang tanaman-tanaman, dan pelajaran bahasa Belanda. Kehadiran pria yang kini berusia 77 tahun yang didampingi oleh istrinya, yakni Oma Joyce yang begitu ramah, menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang bermalam di HLC. 

Surat dari Soe Hok Gie yang ditulis tahun 1960an.



"Eh Titus, gue juga punya kacamata kayak lo", "tolong ambilin kacamata gue dong", "ayo kita foto bareng, nanti gue kirim fotonya ke Yayu, dosen lo", "Eh bentar, gigi palsu gue mana nih?" , "Gigi gue tinggal satu, malu gue kalo foto keliatan gigi tinggal satu", "gigi palsu gue kayaknya jatoh di taman, tolong cariin dong.", "fotoin candid dong", 
"kita pura-pura lagi liat burung di pohon sana dong", 
dan sederet perintahnya yang sangat menghibur :)

#weekendberfaedah #elderlycaregiver #talkshow #kuliahsambilcamping #campingsambilkuliah 
BBQ  sambl menatap langit bertabur bintang. 

No comments: