Liburan Semester 7: Arung Jeram - Jogja - Dataran Tinggi Dieng - Gunung Argopuro

1 September 2015

Liburan yang dimulai dari pertengahan Juni hingga akhir Agustus tahun ini menjadi liburan terproduktif saya. Di mulai dari memahami teori olahraga Arung Jeram hingga praktek, lalu menuntaskan tugas sebagai Kepala Divisi Media dengan menerbitkan buletin tahunan berjudul Bonjour!, kemudian melakukan perjalanan seorang diri ke Jogjakarta untuk "merayakan" pergantian umur, lalu mengikuti tahap 3 dalam perekrutan organisasi Mapala UI dengan melakukan pendakian ke Gunung Argopura sebagai tim dokumentasi untuk pameran fotografi dan penelitian. 

Arung Jeram
Awal Juni, saya dan teman-teman Caang (Calon Anggota) di suatu organisasi kampus berlatih arung jeram dan SAR (Save And Rescue) di salah satu danau Universitas Indonesia, tepatnya di bawah jembatan Teksas (Teknik-Sastra). Kami berenang bersama siput, bangkai ikan, sampah, dan butiran-butiran tak bernama. 








 
Bersih-bersih alat dan badan setelah berlatih mendayung dan berenang.





















Tiga kali berlatih arung jeram di danau yang pernah ditemukan mayat ini, kami pun kemudian mengarung di Sungai Cisadane. Kehadiran sampah dan limbah sangat merusak keindahan perpaduan antara arsitektur jembatan dan alam sekitar. Sayangnya saya tak sempat mengabadikan peristiwa ini dengan kamera.


hip hip horay




Meskipun tomcat menyerang
meskipun ada hajat manusia mengambang
meskipun ada orang gila telanjang
meskipun kulit menjadi belang
Sungai Cisadane kami terjang.





Buletin Bonjour! edisi Juli 2015
Ini adalah projek saya dan teman-teman IKABSIS UI (Ikatan Keluarga Besar Mahasiswa Prancis Universitas Indonesia).  Buletin ini tidak hanya tersedia dalam bentuk cetak, namun juga dalam versi online di sini.  Terima kasih banyak kepada mahasiswa/i  Sastra Prancis UI, terutama sohibku, Reno Ade Saputra yang menemani saya berkeliling Jakarta mencari percetakan murah dan mengurus dana pembuatan buletin, Zara Amelia, Lia Agatha, Lulu Fakhriyah, Daniyah Alkatiri, Putri Firdaus atas ide kreatifnya. Je vous aime! 




Bastille Day
Pada tanggal 14 Juli, saya dan orang tua menghadiri pesta rakyat Prancis di Indonesia untuk merayakan hari nasional negara mereka. Tiap tahun menghadiri acara ini, saya selalu melakukan ritual: makan dan minum sampai begah. Sulit rasanya untuk melangkahkan kaki meninggalkan tempat ini karena berkat acara ini saya bisa memperbaiki gizi tubuh. 






Jogjakarta-Dieng
Bertepatan dengan hari ulang tahun saya yang ke... (ah sudahlah, jangan disebut), saya mengunjungi kota Jogja tercinta untuk melakukan perjalanan seorang diri ke berbagai tempat indah di Jogja. Sejak ulang tahun saya tahun lalu, saya mulai sering melakukan perjalanan seorang diri namun hanya ke JABODETABEK terutama Bogor (hehehe masih cupu yaa). Hujan Bogor, kenangan yang tercipta, keasrian Kebun Raya Bogor, dan banyaknya arsitektur bangunan-bangunan Belanda, selalu menggoda saya untuk terus kembali mengunjungi kota ini ketika saya merasa penat akan tugas kuliah.
                       

                       


                       
              


Sendra tari Ramayana di depan Candi Prambanan






                          

                           


                           


                           

                           




Goa Pindul

Terima kasih kepada:
- The Lord of this universe
- ibu dan bapak 
- Haris, Danuta, dan kawan-kawannya yang sempat menemai perjalanan saya ke Dieng 
- Dinda dan keluarganya yang telah mengajak saya nebeng liburan sehari bersama keluarganya di Jogja
- seorang warga lereng Gunung Merapi yang mengira saya remaja hilang di pasar  dan mau mengantarkan saya  ke Museum Ulen Sentalu
- Awan dkk yang memberikan tumpangan kepada saya menuju hutan Kalibiru hingga pusat Jogja
- Makwok Disa dan keluarga Bimo yang memberikan tumpangan kosannya untuk saya melepas lelah semalam
- Mbak Elis dan Mas Kris atas tumpangan rumahnya
- Chiara Bernini dkk yang menemani perjalanan saya menuju Borobudur hingga pusat Jogja dan menjadikan saya tour guide dadakan


Setelah arung jeram, lalu melakukan perjalanan ke Jogjakarta dan Dataran Tinggi Dieng, saya melanjutkan perjalanan ke Gunung Argopuro di Jawa Timur. Berikut kisahnya Serunya Berwisata Alam dan Sejarah di Savana Cikasur, Argopuro klik di sini.

No comments: