Berlibur ke Bandung & Jogjakarta

2nd of January 2013

Sekitar 5 bulan lalu, saya mulai merasa penat menjalani kuliah, ulangan akhir semester (UAS), bahkan nilai IP yang tidak sesuai harapan.  Maka, saya, Nadia Luth, Encik Natha, Icha berambut panjang, Icha berambut pendek dan Btari berlibur sejenak ke Bandung selama 3 hari dan menginap di kediaman Btari. Kepenatan pun mulai pudar. Kegiatan kami hanya makan, tidur, makan, dan tidur, tanpa memikirkan pelajaran sedkitpun. Ya Tuhan, betapa bahagianya tidak memikirkan beban perkuliahan, khususnya mata kuliah KBP yang jahanam.

hari terakhir di Bandung kami berbelanja barang bekas di Pasar Gede Bage. ada keunggulan dari berbelanja di sana dibandingkan dengan Pasar Senin, Jakarta:
1) para pedagangnya lebih ramah
2) harga barang lebih murah.

JOGJAKARTA

Beberapa hari kemudian ditengah-tengah semester pendek, abang saya berencana ke Jogja dengan berkendara mobil hanya bersama ibu mertuanya. Saya pun merasa ada kesempatan untuk berlibur hemat (karena tidak perlu membayar biaya akomodasi). Maka secara mendadak dan atas restu ibu, saya turut ikut ke Jogja bersama mereka. Lupa membawa camera SLR, kamera ponsel pun tetap bisa digunakan. (Terima kasih pada Eja yang telah meminjamkan ponsel dengan kamera yang cukup ciamik).

Pukul 05.00 WIB kami berangkat dari Bekasi. Di jalan tol Cikampek-Jakarta, saya melihat kemacetan yang luar biasa panjangnya. 7 kilometer kira-kira. Walaupun sempat terkena macet, saya tetap terhibur oleh pesona pemandangan berupa gunung, sungai, sawah, pepohonan, dan hujan.

Sekitar 16 jam (jam 08.30 WIB) kami tiba di kota Jogjakarta. Pantat pegal bukan main. Mata belum sepenuhnya terbuka namun sudah disuruh membantu abang memarkir mobil.

Keesokan harinya, saya bertemu dengan salah seorang sahabat bernama Ita a.k.a Combro Angus yang sudah menjadi warga Jogja selama setahun kuliah. Mulailah kami terlusuri kota Jogjakarta tercinta selama 4 hari.  Banyaknya spanduk iklan yang terpampang di jalan-jalan kota cukup merusak pemandangan. mungkin jika dibenahi pemerintah, akan terlihat rapi.

nah ini gambar dari pemandangan trotoar kota Jogja yang artsy.

Sore hari, saya dan Ita mendatangi acara Festival Kesenian Jogjakarta 2013 yang diadakan di kompleks Taman Sari. Selain tiket masuknya yang gratis ada hal-hal yang keren berpadu menjadi satu di tempat ini: pameran seni dan pertunjukan musik dilaksanakan di tempat kebudayaan dan sejarah.

soto ayam 8 ribu (termasuk gorengan dan es teh manis)

ketika gue memasuki benteng Taman Sari (belakang panggung musik) gue melihat seorang kakek melukis Nyi Roro Kidul di ruangan benteng yang gelap.

Keesokan hari, saya, Ita dan Haris merencakan pergi ke kaki Gunung Merapi. Di tengah perjalanan, di samping salah satu universitas di Jogja, kami berhenti sejenak. Haris menunjukkan 2 candi mini dan 1 prasasti. Benda-benda tersebut ditemukkan  secara tidak sengaja saat pembangunan perpustakaan universitas.

tibalah kami di kaki Gunung Merapi  :D

Haris dan Ita

Malam terakhir di kota Jogja, saya lewatkan bersama Ita dan Haris di acara Festival Kesenian Jogja 2013, di alun-alun selatan Keraton. Setibanya di sana, tempat sudah dipenuhi pengunjung terutama pemuda-pemudi. Ada yang duduk-duduk di pinggir jalan pula. salah satunya saya, karena lelah berdiri namun siap menyaksikan pertunjukkan, diantaranya adalah penampilan beberapa Dj asal Jogja. ada Dj tapi becak-becak d sepeda ontel terus hilir mudik. suasana kesederhanaan kota Jogja, perpaduan antara seni, budaya, dan keramahan warga Jogja yang bikin saya betah dan selalu ingin balik ke kota ini ketika masa liburan tiba

Ita si Combro Angus

hari terakhir di Jogja, Ita menemani saya ke Keraton Jogja dan 2 musium di sekitarnya, yakni Museum Kereta Kencana Kraton Yogyakarta dan Musium Sonobudoyo.

Keraton

makan siang di Mirota Batik

Chici said...

Asyiiiiik.... liburaaaan (/ >o<)/
Ih itu lukisan nyi roro kidulnyanya kok aku ngelihatnya serem gitu ya?

arfan said...

wow liburan tapi pada akhir nya ngasilin photo2 yang keren. salam jepret!!!

wow dari liburan tapi menghasilkan photo2 yang keren. salam jepret!!

wow hasil liburan yang keren. salam jepret!!

Elizabeth Titus Kartika said...

@ chici: hahha gue juga agak parno pas nonton si bapak itu ngelukis nyi roro kidul :)

@kak arfan: terima kasih kak :D salam!

TS Frima said...

Jogja keren ya :)
Mudah-mudahan bisa ke sana lagi :)