Wednesday, January 1, 2014

bolang: Bandung & Jogjakarta

2nd of January 2013

Sekitar 5 bulan lalu, otak gue sudah mual dengan kelelahan beban mata kuliah, ulangan akhir semester (UAS) bahkan permasalahan nilai IP yang tidak sesuai harapan. Sesuai rencana, selama 3 hari, setelah hari terakhir UAS usai, gue, Nadia Italiana, Encik Natha, Icha berambut panjang, Icha berambut pendek dan Btari
 berlibur ke Bandung dan menginap di kediaman Btari. kepenatan otak pun mulai pudar karena selama 3 hari bersama, kegiatan kami hanya makan, makan, dan makan, tanpa memikirkan pelajaran. Ya Tuhan... betapa bahagianya tidak memikirkan beban perkuliahan, khususnya mata kuliah Kemahiran Berbahasa Prancis yang jahanam itu.










 
hari terakhir di Bandung kami berbelanja barang bekas di Pasar Gede Bage. ada keunggulan dari berbelanja disana dibanding Pasar Senin, Jakarta:
1) para pedagangnya lebih ramah
2) harga barang lebih murah.  well..well...






Beberapa hari kemudian ditengah-tengah semester pendek, abang gue (Mas Nanang) berencana ke Jogja dengan berkendara mobil hanya bersama ibu mertuanya. gue merasa ada kesempatan untuk berlibur hemat (karena tidak perlu membayar biaya akomodasi) sehingga secara mendadak dan atas restu ibu, gue turut ikut ke Jogjabersama mereka. Super sekali! lupa membawa camera SLR, hp pun tetap bisa digunakan.

Pukul 05.00 WIB kami berangkat dari Bekasi. Di jalan tol Cikampek-Jakarta gue melihat macet yang luar biasa panjangnya. 7 kilometer kira-kira. walaupun sempat terkena macet, gue tetap terhibur oleh pesona pemandangan berupa gunung, sungai, sawah, pepohonan, dan hujan. alam selalu bisa menghibur gue dari kepenatan-kepenatan atau keruwetan pikiran. 

  
 
 sekitar 16 jam (jam 08.30 WIB) kami tiba di kota Jogjakarta. pantat pegel bukan main.. mata belum sepenuhnya terbuka eh sudah disuruh membantu abang memarkir mobil. yoweslah ora opopo. 

 keesokan harinya.... bertemu dengan salah seorang sahabat bernama Ita a.k.a Combro Angus yang sudah menjadi warga Jogja selama setahun kuliah. dan mulailah kami terlusuri kota Jogjakarta tercinta selama 4 hari.  Banyaknya spanduk iklan yang terpampang di jalan-jalan kota cukup merusak pemandangan. mungkin jika dibenahi pemerintah, akan terlihat rapi. 

nah ini gambar dari pemandangan trotoar kota Jogja yang keren







Sore hari, gue dan Ita mendatangi acara Festival Kesenian Jogjakarta 2013 yang diadakan di kompleks Taman Sari. Selain tiket masuknya yang gratis ada hal-hal yang sangat keren berpadu menjadi satu di tempat ini: pameran seni dan pertunjukan musik dilaksanakan di tempat kebudayaan dan sejarah. magnifique banget!



soto ayam 8 ribu (termasuk gorengan dan es teh manis)







 apa saja yang dijual dan dipamerkan disana?

ketika gue memasuki benteng Taman Sari (belakang panggung musik) gue melihat seorang kakek melukis Nyi Roro Kidul di ruangan benteng yang gelap.






 

 keesokan hari, gue, Ita dan ditemani Kak Haris merencakan pergi ke kaki Gunung Merapi. Di tengah perjalanan, di samping salah satu universitas di Jogja, kami berhenti sejenak. Kak Haris menunjukkan sesuatu hal keren; 2 candi mini dan 1 prasasti. Benda-benda tersebut ditemukkan  secara tidak sengaja saat pembangunan perpustakaan universitas.




tibalah kami di kaki Gunung Merapi  :D



    " sekolah yang terkena "wedus gembel 


 Haris dan Ita 



malam terakhir di kota Jogja, gue lewatkan bersama Ita dan Haris di acara Festival Kesenian Jogja 2013, di alun-alun selatan Keraton. setibanya di sana sudah banyak orang terutama anak muda, ada yang duduk-duduk di pinggir jalan pula. salah satunya gue, karena capek berdiri, yang siap menyaksikan pertunjukkan yang diantaranya adalah penampilan beberapa Dj asal Jogja. ada Dj tapi becak-becak dan sepeda ontel terus hilir mudik. suasana kesederhanaan kota Jogja, perpaduan antara seni, budaya, dan keramahan warga Jogja yang bikin gue betah dan selalu ingin balik ke kota ini ketika masa liburan tiba.



Ita si Combro Angus

hari terakhir di Jogja, Ita menemani gue ke Keraton Jogja dan 2 musium di sekitarnya, yakni Museum Kereta Kencana Kraton Yogyakarta dan  musium Sonobudoyo.




Keraton 











makan siang di Mirota Batik
wangi-wangian.. khas banget




perjalanan di Jogja berakhir tapi rasa kangen gak bisa hilang..


7 comments:

chici said...

Asyiiiiik.... liburaaaan (/ >o<)/
Ih itu lukisan nyi roro kidulnyanya kok aku ngelihatnya serem gitu ya?

arfan said...

wow liburan tapi pada akhir nya ngasilin photo2 yang keren. salam jepret!!!

arfan said...

wow dari liburan tapi menghasilkan photo2 yang keren. salam jepret!!

arfan said...

wow hasil liburan yang keren. salam jepret!!

E. Titus Kartika Putri said...

@ chici: hahha gue juga agak parno pas nonton si bapak itu ngelukis nyi roro kidul :)


@kak arfan: terima kasih kak :D salam!

TS Frima (Rian) said...

Jogja keren ya :)
Mudah-mudahan bisa ke sana lagi :)

indah ayu said...

This information is very helpful thank me :D :D

visit back my website ^_^
biro jasa stnk
biro jasa sim
biro jasa bpkb
biro jasa perizinan