Petang Kreatif 2014

22 Desember 2014

Petang Kreatif merupakan perlombaan teater tahunan antar 15 jurusan yang ada di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya , Universitas Indonesia (FIB UI). Para pesertanya yakni para mahasiswa baru FIB UI yang dimentori oleh para senior di tiap jurusan. Tahun ini,  acara yang paling dinantikan oleh para mahasiswa dan alumni FIB UI dilaksanakan pada Sabtu 6 Desember 2014. Dimulai sejak pukul 10.00 WIB dan berakhir hingga subuh dengan penonton dan antriannya yang terus membludak dari tahun ke tahun. 



Minggu pukul 03.00 WIB, dua pembawa acara Petang Kreatif 2014 menyampaikan keputusan 4 juri seniman (aktor dan aktris) bahwa Program Studi Prancis meraih juara ketiga dalam Petang Kreatif 2014, penghargaan Tata Panggung Terbaik dan penghargaan Tata Kostum Terbaik. Selain itu kami juga masuk dalam nominasi Make Up Terbaik dan Tata Gerak Terbaik.

Para pemenang Petang Kreatif 2014.
Kami mendapatkan juara ketiga Pekan Kreatif 2014
Euforia setelah pengumuman pemenang.
Antrian penonton yang terus membludak dari pagi hingga subuh.




Selama tiga bulan para mahasiswa baru Program Studi Prancis angakatan 2014 yang dibantu kami para senior mempersiapkan penampilan teater ini. Saya mengemban tugas sebagai mentor tim dekorasi atau tata panggung. Meskipun tugas kuliah menumpuk , namun mengurus dekorasi menjadi hiburan saya ketika jenuh akan tugas dan tes semasa kuliah. Ditambah, nuansa pra Pekan Kreatif di Fakultas Ilmu Budaya Pengetahuan UI dari sore hari hingga sibuh yang terkesan seperti Fakultas Ilmu Berseni UI. Ramai akan aktifitas para mahasiswa tiap jurusan sedang berlatih teater, menari, dan membuat dekorasi. Semua mempersiapkan penampilan teater matang-matang.


 
Setelah berlatih selama kurang lebih tiga bulan, para mahasiswa baru Program Studi Prancis mementaskan teater berjudul  Les Désireux & Les Désirables : Pernahkah terpikir olehmu untuk menjadi orang lain…” sekitar pukul 22.00 dengan nomor urut 12. Teater ini mengisahkan tentang seorang gadis belia penyendiri bernama Cécile Maurine-Chartier yang selalu iri dan berkeinginan menjadi seperti kakaknya yang bernama Audrey Maurine-Chartier, seorang artis cantik, terkenal, nan bergaya glamor di Paris. Suatu hari seorang badut bernama Tom mendatangi Cécile yang sedang iri hati pada kakanya. Tom mengajak Cécile untuk datang menemui seorang penyihir yang memiliki buku ajaib dan mampu mengubah seseorang sesuai dengan keinginan orang tersebut. 


courtesy: "Om" Raka dan Bila.

No comments: