Sunday, June 13, 2010

SMP Tarakanita 1 #angkatan 48

13th June, 2010

halooo. Duh lagi kangen masa-masa SMP yg begitu ceria nih.

SMP gue, yakni SMP Tarakanita 1 biasa disebut Tarsat
terletak di Jl. Wolter Monginsidi no. 118. Tendean, Kebayoran Baru, Jak-Sel.
Lokasinya tepatnya di samping KALI KRUKUT. Maka, sekolah kita sering kebanjiran. Inilah kesempatan emas kita untuk libur. Tapi semenjak gue kelas 9, kalinya sudah diperluas jadi gak sering banjir lagi.

Gue termasuk angkatan 48 atau yg biasa disebut Tarsat 48. Dan sekarang gue udah masuk ke dalam ALSTARS (Alumni SMP Tarakanita 1)

Nah, kenapa masa-masa SMP gue seru banget:
1) anak-anaknya asik-asik bangetaduh saya tidak bisa sebutkan satu persatu.

2) guru-gurunya juga seru banget. Banyak yang niat kalo lagi ngajar, banyak yang jayus, ada galak tapi mendidik. ini gue sebutin:


- Bu Novie: Guru matematika yang sering mendongeng ketika mengajar. Punya suara yg khas alias ada nadanya ketika berbicara. Cerita-cerita yang beliau suguhkan di tengah-tengah pelajaran matematika antara lain seputar kematian, setan, kecelakaan, hal mistis, dan kesehatan. Taktik ini sangat berguna bagi gue yang gak doyan matematika, menjadi mulai menyukai matematika. Jika ulangan belum ditandangan ortu, kuping kita bakal disentil. 2 kelas memberikan surprise pas ultahnya.

- Pak Eko: guru favorit kami. Wakil kepala sekolah tapi masih sempat mengajar bahasa Indonesia kelas 9. Beliau dikenal karena kebaikannya dan kekuatan mistis yang dimilikinya. Hobi mendongeng karya sastra Indonesia. Dan Pak Eko suka ngerjain gue. Gak bakal terlupa deh bagaimana beliau ngerjain gue pas ultah gue :')

- Pak Moko: ini juga favoritnya anak-anak banget. Orangnya easy going, ngobrol ke anak-anak pake lo-gue. punya kekutan mistis juga. Beliau mengajar olahraga. Pelajaran olahraga favorit gue yaitu lompat-lompat di matras. permainan macam apakah ini? cekidot......... -->  disini

Ma'am Theo: Guru bahasa inggris yg galaaaaak banget dan sangaaar abis. Lo pasti bakal takut sama beliau. Saat jam pelajarannya yaitu plajaran bahasa inggris dan lo ketauan ngobrol sama temen pake bahasa indonesia, atau gak bisa jawab pertanyaan dari beliau, waah malapetaka dateng ke lo. Lo bakal dapet hadiah dari ma'am Theo berupa..dag dug dug dueer... "chocolate or candy" alias sentilan maximal 10 kali di kuping. mampus gak tuh. copot deh tuh kuping.

Waktu kelas 8, kelas gue berisik banget ketika pelajaran kosong dan ma'am theo ternyata ngajar
 di kelas sebelah. Tiba-tiba dia dateng ke kelas gue....*pasang musik mistis*
Ma'am Theo : 'kelas kalian harusnya belajar apa sekarang?' *nanya sambil mau ngajak perang*
kelas gue : 'pelajaran Pak Manto, Maam'
ma'am Theo : 'awas lo sekali lagi berisik, gue gorok lo pada'
kelas gue : *SHOCKKKKKKKKK 
astafiruloh ibu. tapi dibalik itu semua ma'am Theo mampu membuat kita rajin belajar bahasa inggris dan beliau jadi baik banget pas jamannya kita kelas 3 :')

- Pak Her: Guru agama yg 'putih' banget dan suka bilang 'icchhh banget'. Beliau mirip sama mr. Bean. hahha. Kocak sih orangnya. suaranya bagus lho. Se-gereja sama gue, tapi pas nikah gak ngundang saya -__- up to date dengan masalah sekolah yg sedang booming.

- Pak Cahyo : guru komputer yang yaaah bisa dibilang penurut kepada anak-anak muridnya. kocak, gendut gitu. istrinya beliau adalah seorang pemain sinetron di indosiar yg ada naga naga-naganya gitu. namanya bu Farida. kelas gue (9.4) pernah ngerjain dia pas april Mop. hahahah

-Bu Tanti: Guru ekonomi dan pembukuan yang suaranya lucu banget, selalu ada nada tinggi. Bikin kita gak males dengerin beliau mengajar. Bu Tanti sering manggil kita dengan sebutan 'dek' haha. contoh: "ayo, dek jangan lupa kerjain PRnya. duh rasanya pengen bales "iya, kak".

-Mr. Dadi: Guru bahasa inggris yang kalo ngomong ada logat jawa nya. Kocak abis. Pas pertama kali gue diajar beliau, gue ketawa mulu sampe nangis karena denger suaranya beliau yg kocak banget. Dan anak-anak kelas gue pada heran liat gue. Gue dikasih tau Pak Soni sebetulnya pak Dadi itu guru bahasa Jerman, bukan Inggris. Pak Dadi juga hobi nyanyi dikelas.

-Pak Manto: Guru Fisika yg punya kumis gak kalah keren sama ikan lele. Hobinya ngejayus tapi garing. hahah canda. Ya lumayan lah buat hiburan. Biasa dipanggil P-Man alias Pak Manto.

-Pak Bambang: Alias pak Bams. Guru matematika yg kocaaaaak banget. Suara itu lho yg bikin gue pengen ketawa mulu tiap denger beliau mengucapkan sepatah kata. Pak Bams pernah bilang kalo kelas gue (9.4) kompak banget karena ada acara nginep-nginep ke puncak utk yg kedua kalinya :) yey trimakasih pak.

- Bu Yuni: guru PPKN yg suka menyisirkan rambut para lelaki di kelas gue. Hobby banget benerin rambut pas lagi ngajar. Niat banget kalo ngajar, sangat jelas apa yg diterangkannya :) bikin semangat blajar PPKN.

- Bu Emma: alias bu Emce. Guru biologi yg pengen banget kelas gue menang segala pertandingan. Punya anak masih mini-mini namanya Christo sama Verena yg sering banget digodain sama anak-anak angkatan gue. Kadang kalo beliau lagi ngajar ada anaknya nyamperin ke kelas trus bilang: ''mama aku mau jajan'' haha

- bu Maria: guru geografi yg baiiiiik dan sabaarrrr banget

-Pak Yudho: guru PLKJ dan kesenian yg kocak banget juga. badannya gede banget. tapi suaranya alim. Beberapa kali ngambek sama kelas gue karena apa ya gue lupa. Gak pelit nilai lhoo beliau.

- Pak Agus: guru olahraga yg kayaknya mantan ABRI nih. Badannya gedee banget dan tegap. Gue sering ngomong pake bahasa Jawa ke beliau. Biasanya dia manggil anak-anak dengan sebutan "ndok" (buat cewek) dan "Le" buat cowok. Gue inget terus gaya senamnya Pak Agus yg kayak orang lagi ballet. 

-bu Hadiati: guru PLKJ kalo gak salah. Hobinya makan, terutama pisang goreng dan bakso. Sangar banget keliatannya. Beberapa kali gak ngajar kelas gue karena alasan gak kuat naik tangga. ya ampun bu.

- Pak Coy: guru fisika yg namanya emang Pak Coy. Ngajarnya kurang enak. Ternyata beliau mantan muridnya kakek gue.. kok bisa begini ya? apakah dunia sempit?

-Pak Willy: guru musik yg bisa bermain berbagai alat musik *ya iyalah*.

-Pak Hiero: Kepala sekolah yang dulu. Banyak tante-tante (orang tua murid) yg bilang dia ganteng. Walaupun kepala sekolah tapi masih sempet-sempetnya ngajar bahasa Indonesia. Dia ini kayaknya pecinta iron man karena pas pelajaran bahasa Indo, beliau nyuruh kita nonton bareng iron man. Beliau manggil murid-murid dengan sebutan 'mas' atau 'mbak', Misalnya dia bikin pertanyaan, lalu nyuiruh anak-anak ngejawab dengan manggil: "yak mas di pojok sana coba jawab pertanyaan saya" atau ''yak mbak di depan saya coba jawab" atau "yak mas yang rambutnya mirip vokalisnya Vagetoz coba jawab". hellooo pak kita semua punya nama -__-

-Pak Sony : ini oom nya temen seangkatan gue (Sabrina a.k.a Shabby) beliau itu suka banget cerita2. Kalo udah cerita pasti nyambung ke cerita lain. Doyan Gun n Roses, gue pernah dateng ke sekolah mau nunggu Veny untuk ngerjain tugas karya tulis, trus ketemu pak Sony, alhasil beliau cerita terus ttg Gun N Roses. alamak. tapi lumayanlah buat nambah pengetahuan.

-Pak Tardi (a.k.a pak Tarsan) : satpam tampang Chinese yang kenal keluarga gue karna sudah beberapa generasi keluarga gue sekolah di Tarsat (abang-abang dan sepupu-sepupu gue), makanya beliau manggil gue dengan nama panggilan bokap gue. gini kalo manggil gue: "hey Djumio..." -___- lah Pak, saya Titus,  bukan Djumio.

Selain itu, ada juga tukang bersih-bersih sekolah yang sering dikerjain mala and the gang. hahahh. contohnya Mang Udin lagi nyapu kelas dan tong sampah besarnya ditaroh diluar kelas. Nah ini kesempatan emas mala and the gang untuk ngumpetin tong sampah ini ke toilet. kadang mereka juga suka ngumpetin sapu-sapu.  gue sih hanya menyaksikan aksi mereka yg fantastik ini.


3) banyak banget acara dan kegiatan di Tarsat, yg seru
- Carolus Day: acara untuk memperingati pendiri yayasan Tarakanita seluruh Indonesia, yaitu Santo Carolus Boromeus. banyak lomba seperti: lomba kebersihan kelas, mading, nyanyi, dll.

-Tarsat Cup: acara tiap tahun yg kudu wajib musti dilaksanakan. diacara ini pasti kita heboh mendukung tim Tarsat yang sedang tanding. 

- 17 agustus-an. ada banyak banget lomba dan biasanya guru-guru ada yg dikerjain ikut lomba HOLA HOP. hahaha cekidot....

Pak Bambang berhola-hop
Pak Her berhola-hop
Panjat pinang angakatan gue











































- kita pernah kedatangan tim 'World Harmony Run' dari UNESCO. Tapi pas mereka dateng, sekolah kita lagi kebanjiran HAHAH haduuh

- pesta mas Tarsat (50 tahun Tarsat). waaah ini acara yg ditunggu banget karena bisa ketemu alumni alumni tarsat yang eksis. contohnya waktu itu gue ketemu salah satu alumni Tarsat yaituuu ....jeng jeng jeng... Indra Birowo. waaa terus langsung deh gue dan anak-anak kelas gue foto bareng.





-tiap kelas 7b, 8a, 9.4 each class has their own memories :)  pas kelas 7 kelas gue (7b) selalu menang pertandingan 'kebersihan kelas' 3 kali berturut-turut bahkan sampe bikin Friendster kelas 7B hahaha. Kelas 8A, dulu ya lumayan seru lah apalagi pas acara Hari Kartini, kita semua pake baju daerah terus ada lomba masak nasi goreng antar kelas. dan pas kelas 9.4 itu adalah my best class ever --> (click here, and here)

-angkatan gue adalah satu-satunya angkatan yg pergi ke Bali. yeah. katanya sih berkat kepala sekolah kita yg dulu bernama Pak Hiero. Yay makasih banyak pak. dan angkatan terakhir yg lulus 100%. Sampai sekarang ini walaupun udah pisah selama 1 tahun, tapi kita tetep kompak lho. suka reuni bareng dan ada acara nge-bolang bareng.

 - di tarsat itu nyaman banget padahal gak ada AC. abis pulang sekolah kita biasanya nongkrong di depan kelas atau didepan podium atau di lapangan, sampe tidur-tiduran disitu. berasa udah kayak rumah sendiri.

         






         the point is i really miss  
this lovely school 
 these lovely people, these lovely teachers, and  my old crazy friendsif i had a time machine i'd love to get back to these moments. 
  


yang bikin kangen juga adalah masa-masa UAN SMP masa yang HOROR BANGET. tapi di masa  inilah angkatan gue jadi kompak banget. beberapa hari sebelum UAN dilaksanakan, tradisi skolah gue adalah doa bareng satu angkatan beserta guru-guru, kepala sekolah, satpam, sampe tukang bersih-bersih sekolah. setelah itu kita salaman satu persatu buat ngucapin: "sukses yaa" dan minta restu dari seluruh staf SMP Tarakanita 1 :')
walaupun angkatan kita sempet gak kompak tapiiii mulai hari itu kita semua damai, saling salaman, bahkan pada nangis bareng. kita mati-matian belajar biar nilai UAN kita bagus. apalagi sekolah gue adalah sekolah Katolik, jadi gak mungkin ada bocoran-bocoran soal.

Setiap pulang sekolah menjelang UAN dan hari-hari UAN, anak-anak angkatan gue langsung bikin kelompok-kelompok kecil di sepanjang lantai 1, aula, bahkan di warung kebab depan sekolah penuh anak-anak kelas 9. Kita semua belajar bareng gitu. Yang bisa mengajarkan yang kurang bisa, guru2 juga bikin kelas-kelas setelah pulang sekolah untuk mengajarkan kita lagi. Kita berlatih ulang terus soal-soal tryout. Duh, semoga ditahun depan dan berikutnya UAN DITIADAKAN. percuma aja ada UAN tapi masih banyak bocoran soal UAN.








Baca juga postingan saya tentang SMP ini:


14 comments:

Chiesa Serena said...

ahahahahah! bangzzat nih kangen bangeeeetttttt!
huah, guru2 gue skrg makin ga jelas tuf, pengen banget diajar mereka2 lagiiiiii terutama pak manto yatuhan gue gak ngerti apa2 ttg fisika-.- pak yudoooo ahahaha! pak cahyoooo yaoloh pak apakbr bgt aaaaaaa :') pak her ohiya pak her lumayan nih bikin kangennya gila semuanya bikin gue ketawa2 dan makin tambah kangen nyeeeett!

makasih tuf udah buat post ini :-)

titus kartika said...

:DD sama2 iyafffffff :D guru2 gue sekarang pada gabut nyet. pada gampang disogok :( gue juga kangen mereka parah gilaaaaaaaaaaa!

Lika Wangke said...

HAAAA... Ibu hadiati anaknya Herna temen gue.
Pas ada bom di JW Marriot dulu gue lagi olahraga sama Pak Moko dan itu kedengeran sampe lapangan, we're sitting under the "Peace tree" Masih berlaku nggak tuh peraturan? Hahahaha

Sayang I move out from there :D
Ahhhh kangen abis. Apalagi aps banjirnya :D

titus kartika said...

peraturan 'peace tree' tree masih berlaku kak. hhhehe. cuma anak2 kelas 3 dan anak2 eksis doang yg bisa duduk sepanjang hari dibawah 'peace tree'. jaman dulu begitukah? haahah
kenapa pindah kak?

Lika Wangke said...

Kayaknya itu peraturan sejak jaman dulu dulu dulunya lagi deh :p

Capekkkk... Gue dari kecil rumah di Cibubur, tapi TK di Pasar Minggu, SD Tardu, SMP tarsat... Mennn nggak sanggup gue hahaha

Ternyata guru guru yang gue kenal masih banyak yang ada disana ya. Tapi ada juga yang samar samar di otak, God I miss junior high.

titus kartika said...

ohh gituu yaampun jauh amat rumahnya kak. iya my best memories adanya di tarsat. kangen parah! :')

Eks said...

huy, mau nanya tentang bu novie. kamu bilang suaranya khas, apa dia orang jawa?. soalnya saya punya guru namanya bu novie juga, guru mtk juga, suaranya khas juga. saya di smk kemala bhayangkari 1 jak-tim. hahaha, jgn jgn bu novie nya sama...

titus kartika said...

@eks: yup dia orang jawa :) wahh kok bisa mirip ya hahhaha. kayaknya beda org deh, krn bu novie guru gue udah ngajar di skolah gue sejak beliau lulus SMK. gue jadi penasaran sama guru lo hahhaha

Geafry Necolsen said...

hebat!
lengkap banget dokumentasinya.
sampai guru-gurunya juga masih pada di ingat

Eks said...

wahahaha. bu novie gue tuh, kalo ngomong suaranya kenceng, medok (banget), dan rada killer juga orangnya... :D

titus kartika said...
This comment has been removed by the author.
deni triatmojo said...

hehehehe keren... jadi inget waktu smp dulu, bnyk bgt kenangannya di tarsat.

deni triatmojo said...

hehehehe keren... jadi inget waktu smp dulu.

Novela Theresia said...

Sekarang pak bambang,pak her , pak willi, bu Maria, Bu Emma , pak eko , pak cahyo , Bu tanti , pak Agus , Bu yuni masih Ada //// oh ya christo udah kelas 7 seangkatan sama aku kalo kak verna sekarang kelas 9